Rabu, 16 November 2011

Cerpen Remaja

Kencan Pertama Anggies
Matahari tepat berada di atas ubun – ubun. Anggies menunggu Gilang di bawah pohon dekat ujung koridor kelas XII. Tak lama kemudian, cowok berparas kece itu keluar dengan permen lollipop soulmatenya. Anggies melambaikan tangannya, mengisyaratkan agar Gilang menemuinya. Seperti biasa, mereka hampir selalu bersama saat berangkat dan pulang sekolah. Argument terkuat jika ditanya orang lain yaitu karena mereka adalah tetangga.
Gilang yang kini duduk di bangku paling senior di SMAN 46 itu terlihat sangat akrab dengan Anggies. Mereka sudah seperti kakak beradik, hanya saja berasal dari darah yang berbeda. Gilang adalah kakak yang baik bagi Anggies. Gadis berusia 2 tahun lebih muda tersebut selalu menjadikan Gilang sebagai tempat pelampiasan diri saat suasana hatinya sedang tidak stabil.
Masalah yang akhir – akhir ini membuat Anggies mudah tersinggung yaitu tentang seorang kekasih. Anggies selalu merasa pangerannya belum datang menjemputnya hingga usianya sekarang. Padahal banyak laki – laki yang mendekatinya namun ia selalu bersikap dingin dan mengabaikannya dengan alasan ia memiliki firasat bahwa mereka semua bukan pangeran yang ia inginkan. Suatu ketika, dimana Anggies tiba – tiba marah tanpa permisi pada Gilang dan mendorongnya hingga terjatuh, “Temen – temen gue udah pada ketemu ama pangerannya! Giliran gue kapan?”
“Apa – apaan sih lo? Marah boleh tapi gua kaga demen kalo pake bullying! Gua tinggalin, tau rasa lu ntar!!”, bentak Gilang sambil berdiri. Seketika raut wajah Anggies berubah. “Hah? Jangan deh Gi, cuma lu yang mau denger curahan hati gua”, katanya sambil membantu Gilang berdiri.
“Tuh kan, baru sadar lu kalo gua itu berharga buat hidup lo? Kalo gitu sekarang lu maunya apa?”
Tak ada jawaban dari mulut Anggies.
“Gis, gue suka ama lu,” tiba – tiba suara Gilang memecahkan keheningan. Spontan Anggies mengangkat kepalanya dan menatap wajah Gilang dengan matanya yang besar dan bulat. “Ahahahhaha.. bercanda kali! Reaksi lu berlebihan deh! Pangeran lu pasti dateng kok, gue janji dan gue jamin dia bakal dateng di waktu yang bener – bener lu butuhin. Gua cabut ya!” sahut Gilang dengan agak kikuk kemudian beranjak pulang.
===============================================================
Pukul 22:08 WIB, Anggies bersiap untuk tidur namun ia dikejutkan dengan ringtone handphonenya yang berdering...



burung btuh sayap u/ bs trbng, negara btuh prsden bijak u/ bs maju, dunia btuh ilmwn u/ revolusi, n gue btuh seseorang u/ ngisi hati ini...
Sender: +6285749925xxx
so??? lu kaga nawarin gue kan..?
Send to: +6285749925xxx
kalo lu brsedia, gue welcome aja..:)
Sender: +6285749925xxx
sapa sih lu?
Send to: +6285749925xxx
yoovi, 17, m, JOMBLO.. lu?
Sender: +6285749925xxx
anggies, 15, f, KAGA CARI CO JOMBLO
Send to: +6285749925xxx
lu bkal nge-RALAT statement itu stlh ketemu gue. jalan2 yuk!
Sender: +6285749925xxx
segitunya kah? emg lu sapa sok kenal banget
Send to: +6285749925xxx
gue cowok favorit di Tunas Bangsa, lu gak bakal nyesel jalan ama gua, gua orangnya friendly kok, bsk pagi gue jmput ya.. alamat lu dmn?
Sender: +6285749925xxx
CDMA
Send to: +6285749925xxx
paan tuh?
Sender: +6285749925xxx
capek deh males ah!
Send to: +6285749925xxx
lu punya selera humor jg ya? gue jd makin tertarik ama lu, ayolah.. gue suntuk di rumah sendirian weekend gini, jd alamat lu dmn?
Sender: +6285749925xxx
tertarik jidat lo itu! bsk aja gue sms. kalo skrg gue jwb: ENGGAK
Send to: +6285749925xxx
ok... no problem. night dear :*
Sender: +6285749925xxx

Anggies pun yang semula mengantuk kini dipusingkan dengan sms – sms yang baru diterimanya. Ini bakal menjadi first date Anggies. Seumur hidup ia belum pernah pacaran. Apalagi ketemuan berdua. “Tadi gue udah kelihatan jual mahal kan? Gue terima gak ya? Kapan lagi coba ada kesempatan nge-date? Mungkin dia pangeran gue?!”
Anggies pun kembali memencet keypad handphonenya untuk menceritakan hal tersebut ke Gilang. Dia juga menceritakan bahwa besok pagi ia akan bertemu dengan calon pangerannya. Anggies juga menambahkan jika memang si Yoovi benar – benar pangerannya, ia akan mentraktir Gilang di A&W Restaurant. Tanpa sepengetahuan Anggies, ada dua mata yang memanas serta hati yang memohon agar tak ada undangan di A&W Restaurant apapun alasannya.
===============================================================
Pukul 04:53 WIB di kamar Anggies. Tut tut… tut tut…
morning honey... jalan2 pagi ini jd kan! alamat???
Sender: +6285749925xxx
emmm ok. tanah abang III no. 23A, jm brp?
Send to: +6285749925xxx
skrg dong, hon... 15 mnit lg gue sampe depan rumah lu
Sender: +6285749925xxx
what??? yg bner aj! gue blm mandi, blm sarapan! jam 6 aja deh...
Send to: +6285749925xxx
kaga bisa gt! gue udah di petamburan! cuci muka gih! ntar sarapan ama gue aja
Sender: +6285749925xxx

“Emang udah sinting nih cowok! Masak di first date gue gak mandi sih?” Anggies pun langsung bergegas mengambil T-shirt Nevada LTD Edition dan celana Chino dengan tema warna Foundry. Ok, anggap saja first date gue jogging pagi :)
===============================================================
Dimulai ketika Anggies keluar rumah dan dilihatnya sosok Rain (aktor Korea) ala Indonesia. Kulit cerah, rambut agak gondrong, pirang, mata agak sipit, berjaket silver-parasit, terlihat kaos blaster bertulis PROGRESS, celana jeans pendek cardinal, dan disempurnakan motor vixion yang dimodifikasi dengan strip merabela-silver beserta helm yang sporty abis. Kok gue jadi detil gini? Tapi sumpah ini cowok keren banget! Gue jadi nervous… ya Tuhan, bantu hambaMu ini mengendalikan diri…
“Kok bengong? Nggak suka ya gue jemput naek motor? Pagi – pagi seruan gini tauk! Atau jangan – jangan lu kaget bisa jalan sama cowok triple keren kelas gue?”
“Apa? Ah, bercanda lo! Biasa aja kali… Mau kemana nih?”
“Pantai”
“Pantai? Jauh amat!”
“Gak bakal lama kalo sekarang lo pegangan gue, kita terbang!!!!”
Dua insan itu pun meluncur ke daerah Tanjung Priuk. Tidak sampai 40 menit mereka sudah berdiri menghadap gelanggang samodra Laut Jawa. Pembicaraan dimulai dengan topik laut yang indah, kemudian, “Nama lo unik ya, Gies”, kata Yoovi.
“Gue bangga sama nama itu! Coba deh lo ucapin nama gue. Di suku kata terakhir pasti lo tersenyum. Jadi gue selalu positive thinking tiap orang – orang nyebut nama gue.”
“Gue ejah ya! ANG-GIS…” Yovie tertawa kecil,”Ada – ada aja lo itu!” Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk sarapan di warung kecil dekat pantai yang menurut Anggies sangat romantis. Dua porsi nasi pecel khas Madiun dan jus jeruk menjadi traktiran pertama Yovie bagi Anggies. Nggak mungkin kan bayar sendiri?
“Jus Jeruknya manis, nggak?”, tanya Yovie setelah menghabiskan sepiring menu asli jawa tersebut.
“Manis. Kenapa?”, balas Anggies.
Yovie memandang jus jeruknya lalu berkata, “Jeruk, kamu dibilang manis lho sama cewek di sebelahku!” lalu beralih dengan suara agak cempreng, “Aku emang manis… tapi cewek itu lebih manis! Tuh, apalagi kalau senyum, pipinya yang merah nggemesin banget deh! Hi hi hi…”
Anggies tahu Yovie sedang menggodanya, serentak mereka tertawa bersama.
“Kamu tau nggak apa yang aku rasain sekarang?” Tanya Yovie kembali.
“Kenyang?”
Yovie tertawa kecil untuk kesekian kalinya tiap berbicara dengan Anggies. “Ya udah semestinya kalo abis makan itu kenyang, neng! Masak lu nggak tau yang gue rasain?”
“Jadi gimana?” Suara Yovie memecahkan keheningan.
“Gimana apanya? To the point aja deh daripada salah paham!”
Sejenak Yoovi terlihat sedang mengumpulkan tenaga kemudian berkata dengan lembut, “Aku boleh nggak jadi cowok kamu?”
“Nggak pantes aja kalo aku ngomong ‘kamu mau nggak jadi cewek aku’ emang kamu barang? Tapi kalo ‘aku boleh nggak jadi cowok kamu’ itu tandanya aku rela dianggep barang cuma demi kamu. Aku nggak salah kan, cinta pada pandangan pertama?”
Anggies memainkan jus jeruknya yang masih tersisa setengah gelas. Kenapa gue jadi grogi gini? Padahal kan tinggal jawab yes or no! Atau minimal mengangguk.
“Tapi kan kita baru kenal?” Anggies pun akhirnya bersuara.
“Kita jalanin aja dulu. Cinta akan tumbuh seiring berjalannya waktu.”
Tanpa disadari dua remaja itu, ada mulut yang tak sengaja mengumpat setelah mendengar pembicaraan mereka.
Anggies memanyunkan mulutnya. Puitis banget ni cowok. Gue seneng banget. Romantiss! Jadi, gue harus jawab apa? Ya atau oke atau apa…?? Tuhan, bantu hambaMu ini membuat keputusan…
Tiba – tiba…
“Yoovi? Kamu breakfast di sini juga? Aduh, sayang… rupanya kita emang jodoh ya!”
Yoovi dan Anggies pun terkejut. Anggieslah yang paling terkejut. Sayang…? Jodoh? Siapa cewek ini?
“Sayang, ini siapa? Bukan selingkuhanmu, kan!” kata cewek itu lagi.
Anggies berpaling. Selingkuhan? Gue maksudnya? Jadi Yoovi udah punya cewek?! Ya Tuhan… mengapa Kau berikan reptil romantis ini di fisrt date-ku? Terang saja Anggies ingin segera pergi. “Enggak kok, mbak! Saya cuma temannya. Permisi. Saya masih ada urusan.”
Anggies langsung berlari keluar dengan mata berkaca – kaca. Tak dihiraukannya teriakan Yoovi yang memanggil namanya. Hingga akhirnya dia menabrak seseorang. Gilang? Kenapa dia ada di sini?
“Anggies?” Tanya Gilang.
“Reptil romantis itu ngerjain gue! Gue gampang banget masuk jebakannya, bahkan awalnya gue piker dia pangeran gue, Gi! Gue sediiih! Dimana pangeran gue sekarang? Katanya lu jamin dia bakal datang saat gue butuhin!!!!”
“Dia disini,” kata Gilang pelan, kemudian ia lanjutkan, “Lo tau gak makna sebenarnya dari ‘satu tambah satu sama dengan dua’?”
“Apa?”
“Satu tambah satu, sama dengan dua… mau gak mau, lo jadian ama gua!”
Anggies tertawa, “Ok, kali ini hiburan lo cukup bikin gue seneng. Lu bawa motor kan? Gue ikut pulang ya? Masak lo ngebiarin gue on foot jurusan Tanjung Priuk - Tanah Abang?”
Sejenak Gilang memandang cewek yang disayanginya itu menjauh darinya lalu tiba – tiba berbalik dan berkata, “Gilang, buruan... Gue bete disini!”
Mungkin belum waktunya kamu menerima aku. Setidaknya aku senang kita tidak jadi makan di A&W hahahahhaa, aku siap 24 jam menjaga kamu sampai tiba saatnya kamu harus sadar bahwa akulah pangeranmu. Saat itulah aku melamarmu, Anggies.

2 komentar: