Selasa, 08 Maret 2016

Masker Alami Mencerahkan Wajah

Assalamualaikum fabeas!
Bagi kamu yang menyukai perawatan wajah alami, yuk kita bahas tentang masker. Aku telah memadukan dua bahan dapur yang mudah didapat untuk menjadi masker. Dan rupanya ini bisa memberiku kepuasan tersendiri setelah memakainya.

Yak!
Masker tepung beras dan teh panas.
Sebenarnya mama aku udah menyarankan buat memakai tumbukan beras saja, lebih alami. Kalau tepung beras kan sudah masuk pabrik dan merupakan hasil olahan gitu alasannya. Dan aku juga sudah pernah mencoba menumbuk beras thennnnn hasilnya. Ah jangan ditanya. Gagal pemirsah! Karena aku yang kurang sabar. Haha. Jadi aku lebih memilih memakai tepung beras yang praktis.

Pertama-tama, mari kita bahas dulu mengapa harus beras dan teh.

.

- mengapa beras -

Beras mengandung berbagai mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut. Vitamin yang terkandung di dalamnya diantaranya yaitu vitamin C, E, dan B1 yang mampu membuat pori-pori lebih kecil dan membuat kulit lebih putih. Selain itu, beras juga mengandung asam ferulic yang berfungsi sebagai antioksidan dan kaya akan alantonin yang biasa disebut dengan anti-inflamasi. Kandungan beras juga mampu mempercepat proses pengelupasan sel kulit mati, sehingga proses regenerasi kulit berjalan lancar.

 Bahan dasar untuk pemutih yang terkandung dalam kosmetik dimiliki pula oleh beras. Yaitu vitamin B yang mampu membuat kulit semakin bersinar. Namun anda tidak perlu repot-repot untuk membeli kosmetik berbiaya mahal yang ada di pasaran. Lakukan sendiri perawatan di rumah menggunakan masker beras agar biaya yang dikeluarkan dapat ditekan.

.

- mengapa teh panas -

Selain bermanfaat untuk kesehatan, teh ternyata juga berkhasiat untuk meningkatkan kecantikan. Kandungan antioksidan pada teh akan membuat kulit lebih lama terjaga kelembabannya. Teh juga bermanfaat sebagai tabir surya alami, menghilangkan lingkar gelap di bawah mata, dan juga sebagai toner untuk kulit.

Sedangkan teh yang panas ini akan membantu mengeluarkan berbagai sisa noda maupun bakteri yaang menyebabkan jerawat. Dengan menggunakan teh hangat untuk membasuh wajah, pori-pori kulit sobat akan membuka dan melebar. Hal ini akan mempermudah dalam membersihkan sisa - sisa kotoran yang masih menempel. Selain itu komedo juga akan terangkat sehingga wajah tampak bersih. 

Kemudian untuk pemilihan panas atau hangat itu bebas teman-teman. Saya menyarankan panas karena yang kita butuhkan tidak dalam jumlah banyak sehingga penguapan akan terjadi dengan cepat jika teh kamu hangat. Jadinya baru beberapa menit udah dingin. Kan khasiatnya berkurang.

.

- manfaat -

Manfaat masker beras bukan hanya untuk memutihkan kulit wajah tapi juga sebagai masker untuk kulit tubuh, scrub alami, untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menghaluskan tangan.

Nah sekarang saya akan berbagi tips dan pengalaman seputar masker dari tepung beras. cara membuatnya sangat mudah dan hanya perlu mengambil sedikit bahan-bahan dapur.




- cara membuat masker tepung beras -

bahan yang diperlukan
(takaran untuk wajah)

3 sdt tepung beras
setengah cangkir teh panas/secukupnya

pertama-tama, lembabkan wajah/daerah yang diinginkan dengan teh yang tersedia, ambil secukupnya. sebelumnya juga boleh mencuci muka.

tips mencampur bahan untuk masker,
teman-teman sediakan dulu wadah untuk masker. masukkan tepung beras ke dalamnya, baru sedikit demi sedikit campurkan dengan teh panas. lalu aduk hingga mengental dan bertekstur lembut. kekentalan ini sesuai selera teman-teman. semakin cair semakin banyak membutuhkan tehnya. tapi jika terlalu cair, sepertinya kurang afdol ya. hehe.

tips memakai maskernya,
oleskan pada wajah atau daerah yang diinginkan. lakukan dengan cepat karena masker ini tidak membutuhkan banyak waktu untuk bisa kering. semakin kental, semakin cepat kering.

sudahhh? nah biasanya saya juga menggunakan timun untuk mata. lalu diamkan sejenak. sekitar 15-20 menit masker akan mengeras karena teh telah meresap ke dalam kulit dan tepung beras juga bekerja. sambil tiduran ya, biar rileksss.

setelah itu, basuhlah wajah atau daerah yang diberi masker dengan air dingin, berguna untuk menutup kembali pori-pori kulit. masker terangkat dan lihaaaattt. wajah menjadi lembab dan cerah bukan? ;)

.

- bagaimana pengaruhnya -

mencerahkan wajah,
menghilangkan jerawat dan anak jerawat,
mengencangkan kulit,
melembabkan kulit,
menghaluskan kulit,
mengecilkan pori-pori,
mengurangi komedo berlebih.

.

apakah cocok dengan kamu?

good luck ya! salam fa-beauty-lous! ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar